Monday, November 26, 2012

opini

 Sosok Sederhana Jokowi

Joko Widodo yang sering disebut Jokowi adalah Wali Kota Solo pada saat ini. Sebelum menjadi Wali Kota Solo, Jokowi seorang pengusaha mebel dan taman. Dia menjabat sebagai Wali Kota Solo dalam dua masa bakti 2005-2015. Setelah masa jabatan pertama selesai Jokowi ingin kembali menjadi pengusaha mebel kembali, tetapi Jakowi didukung kembali oleh masyarakat Solo untuk memimpin Solo kembali. Jokowi pun menang dalam perolehan suara dan memimpin Solo pada periode kedua. Saat ini namanya sering terdengar di media massa setelah dirinya mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta. Pada putaran pertama pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Jokowi berserta Basuki Tjahja Purnama atau yang biasa dipanggil Ahok sebagai Wakilnya sukses mengungguli Fauzi Bowo yang sekarang sedang menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Tetapi Jokowi tidak lantas menyobongkan diri atas kemenangan itu, dia hanya menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat Jakarta. “Saya tidak punya apa-apa, saya hanya menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat”, ujar Jokowi kepada media. Meskipun menang pada hasil pemilu gubernur, tetapi polling suara masih kurang dari lima puluh persen, sehingga pemilu dilakukan dua putaran. Pada setiap kegiatan kampanye nya, Jokowi beserta ahok menggunakan baju kotak-kotak merah yang menjadi ciri khas mereka.

Di sisi lain Jokowi adalah sosok wali kota yang sederhana, bijaksana, merakyat dan dekat dengan masyarakat. Jokowi pun adalah seorang Wali Kota yang berprestasi, dia termasuk walikota terbaik di dunia. Sifat Jokowi tersebut tidak hanya dirasakan oleh warga Solo, pada saat kampanye pemilu Gubernur DKI Jakarta, banyak warga Jakarta yang mengakui bahwa Jokowi memang sosok yang sederhana dan bijaksana. Ada beberapa hal yang menunjukan kesederhanaan Jokowi saat melakukan pemerintahannya di Solo. Biasanya seorang pejabat daerah menggunakan kendaraan yang mewah, tetapi tidak dengan Jokowi dia pada saat melakukan kegiatan dinasnya menggunakan mobil keluaran lama, terkadang sering mogok dijalan. Pada suatu hari mobil Jokowi itu mogok, dan Jokowi pun menggunakan angkutan umum untuk masuk kerja, sopir angkot yang ditumpangi oleh Jokowi tidak menyangka bahwa penumpangnya itu seorang wali kota. Sopir tersebut menolak pada saat Jokowi memberikan uang angkutan,tetapi Akhirnya Jokowi membayar angkutan seperti tarif umum biasa. Jokowi juga sangat mempromosikan mobil yang dikeluarkan oleh SMK, dia ingin mobil dinas yang digunakan adalah mobil buatan SMK, dia sangat menghargai karya anak SMK, pada iklan kampanye nya juga Jokowi menyertakan mobil SMK sebagai gambaran kegiatannya.
Kesederhanaan Jokowi sangat dirasakan oleh masyarakat Solo, terutama masyarakat yang mempunyai usaha kecil, Jokowi senang mengunjungi pedagang-pedagang kecil seperti angkringan, warung tegal, dll. Setiap orang yang ditemuinya selalu disapanya, dan masyarakat pun sangat senang apabila di datangi oleh Jokowi. Biasanya pejabat daerah itu meresmikan tempat-tempat yang megah, mewah, tetapi Jokowi sering diminta oleh masyarakatnya untuk meresmikan gapura di kampung, dan pos ronda. “Ya kalau mau dibuka, buka saja, wong masyarakat yang minta” ujar jokowi. Pada beberapa hari terakhir Jokowi disela-sela kegiatan pemerintahnya, melakukan futsal dengan teman-teman dari wartawan di suatu tempat futsal di Kota Solo. Kedatangan Jokowi pun mengalihkan perhatian penonton dan warga sekitar, warga pun sangat antusias melihat Jokowi yang sedang bermain futsal, dan warga meminta jokowi untuk berfhoto bersama.
Sebelumnya masyarakat tidak yakin bahwa Jokowi dapat memimpin Solo tetapi sekarang sudah terasa perubahannya. Jokowi membuat gebrakan-gebrakan pada pemerintahan kota Solo. Pemerintah yang biasanya melakukan program atau system yang rumit, tetapi oleh Jokowi dibuat sebuah system yang sederhana, sehingga system tersebut tidak merepotkan masyarakat. Itulah sebagian kecil yang menggambarkan kesederhanaan Jokowi. Mungkin figure Jokowi harusnya ditiru oleh pejabat-pejabat daerah lainnya. Janganlah pangkat dan jabatan saja yang dipamerkan, tetapi yang paling penting adalah pengabdiannya kepada masyarakat, serta tugas dan kewajiban sebagai seorang pemimpin yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya.

No comments:

Post a Comment

 
;